top of page

Pendahuluan

Perjanjian antara PT. Royal Berkah Melimpah selaku produsen (selanjutnya disebut “produsen”) dengan konsumen dijelaskan pada halaman ini. Seluruh konsumen jasa produsen berarti sudah setuju dengan Terms and Conditions yang telah ditentukan.

 

Penggunaan Website

Terms and Conditions memuat informasi profile perusahaan, jasa perusahaan, produk, promosi, dan layanan konsumen. Produsen berhak untuk memperbaharui informasi dan terms & conditions dari waktu ke waktu, dan konsumen setuju dengan terms & conditions terbaru yang tertera di website produsen.

 

Profil Perusahaan & Sister Company beserta Kegiatan Perusahaan

Informasi yang terdapat dalam profil perusahaan & anak perusahaan, serta kegiatan perusahaan dapat berubah/ditambahkan sesuai kebutuhan perusahaan di kemudian hari.

 

Informasi Produk dan Inspirasi

  1. Semua informasi mengenai harga, gambar, deskripsi, spesifikasi dapat berubah sewaktu-waktu. Harga yang digunakan dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) berlaku di wilayah Jabodetabek, untuk di luar Jabodetabek belum termasuk pengiriman dan instalasi.

  2. Apabila furniture tidak jadi diproduksi, sedangkan tanda jadi sudah dibayarkan maka tanda jadi tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

  3. Dukungan gambar dari produsen, dapat diberikan, setelah ada tanda jadi Rp 2.000.000,- per furniture yang dikerjakan. Misal : proyek yang dikerjakan adalah backdrop TV, lemari pakaian, dan kitchen set, maka diperlukan 3 x Rp 2.000.000,- untuk tanda jadi.

  4. Pembuatan desain disesuaikan dengan furniture yang akan dibuat, misal : proyeknya adalah pembuatan kitchen set, maka yang produsen gambarkan adalah kitchen set (bukan dapur secara keseluruhan).

  5. Nilai proyek yang dikerjakan minimal adalah Rp 15.000.000,- per furniture dan Rp 30.000.000, - per view. Di bawah nilai tersebut, produsen belum dapat support produksi, tanda jadi gambar tidak dapat dikembalikan, gambar 3D dapat untuk konsumen. 

  6. Gambar yang diberikan dalam bentuk 3D (tanpa ukuran detail). Gambar dalam format sketchup (diberikan dalam materi hardcopy dengan watermark). Royal Interior tidak menyediakan gambar dalam format lain.

  7. Untuk revisi gambar maksimal 3x, dalam jangka waktu 1(satu) bulan. Oleh Karena itu, konsumen dapat membantu dengan briefing yang detail, agar gambar sudah sesuai dengan ekspektasi konsumen. Setelah lewat revisi 3x, dan jangka waktu lebih dari 1(satu) bulan berarti produsen sudah tidak bisa men-support revisi gambar kembali. Akan tetapi produsen menerima apabila dari konsumen memiliki gambar dari pihak lain atau consultant interior. Untuk pembayaran tahap 1 produksi, maksimal adalah 40 (empat puluh) hari semenjak tanda jadi gambar diterima. Setelah periode tersebut, apabila dari produsen sudah mengirimkan invoice 3x dan belum ada pembayaran tahap 1, maka tanda jadi gambar hangus, proyek interior tidak jadi dikerjakan dan gambar dapat menjadi milik konsumen dalam bentuk 3D. 

  8. Apabila konsumen membeli peralatan elektronik sendiri, dalam hal ini cooker hood, kompor, oven, microwave, kulkas atau hal lain, wajib menginformasikan ukuran dan foto kepada Royal Interior dari awal, bersamaan dengan pembayaran tahap 1, sebelum proses produksi tahapan pembentukan dimulai. Kalau tidak diinformasikan dari awal, maka produsen tidak bertanggung jawab terhadap ukuran desain yang sudah dieksekusi yang tidak sesuai dengan elektronik yang sudah dibeli. Untuk kualitas barang-barang yang dibeli sendiri oleh konsumen, produsen tidak bertanggung jawab tentang hal tersebut. Untuk pemasangan Air conditioner, harga yang akan diberikan di quotation adalah untuk pipa 3 - 5 meter, sesuai dengan pengalaman pemasangan AC, apabila pemasangan AC di lapangan ada kondisi extra ordinary, maka produsen akan memberitahukan kepada konsumen terkait perbedaan harga karena jumlah satu elemen dan atau lainnya, terkait perbedaan harga karena kondisi extra ordinary. Apabila konsumen tidak setuju, maka biaya pemasangan AC akan di-refund oleh produsen kepada konsumen, dan konsumen dapat mengerjakannya ke jasa pemasangan AC lainnya. 

  9. Apabila gambar sudah ditandatangani, maka tidak menerima revisi gambar kembali. Konsumen harus menyadari bahwa antara gambar dengan eksekusi bisa terjadi sedikit perbedaan, disebabkan oleh ketersediaan material di lapangan (baik handle maupun profile, dan material lainnya). Hal ini berlaku untuk furniture multiplex maupun kayu solid. Untuk kayu solid antara gambar dengan profil di lapangan, bisa berbeda. Barang yang sudah ada di lokasi Konsumen, tidak dapat dikembalikan lagi dengan alasan apapun.

  10. Disclaimer, efek cahaya di gambar 3D dapat berbeda dengan pekerjaan.

  11. Untuk finishing duco, multiplex, tidak dikerjakan untuk bagian bawah furniture yang tidak terlihat (misal : area bawah laci, dinding bagian belakang kitchen set, area yang bersebelahan dengan tembok, dan area-area lain yang tidak terlihat secara langsung. Untuk spare part kitchen set, dalam hal ini engsel, baut, rel, dan spare part lainnya, tidak sama 100% disesuaikan dengan ketersediaan stock dari supplier.  

  12. Untuk elektronik yang dibeli oleh customer, produsen sifatnya hanya menyediakan space dan membantu pemasangan. Produsen tidak bertanggung jawab untuk elektronik yang rusak, atau pemasangan yang dianggap tidak presisi, karena bentuk atau ukuran tidak sesuai dengan gambar desain, atau dipersepsikan tidak simetris karena kondisi ruangan atau faktor lain. 

  13. Spesifikasi kaca menggunakan clear glass, apabila hendak ada efek khusus seperti sandblast, dikenakan biaya tambahan kepada konsumen oleh produsen.

  14. Furniture dari material kayu solid yang sudah diproduksi tidak dapat direvisi. Apabila konsumen menghendaki revisi maka dikenakan biaya renovasi dan biaya transportasi tambahan.

  15. Untuk pemasangan partisi atau furniture lain yang dipindah oleh permintaan konsumen, maka pasti akan terjadi pendempulan di lokasi tersebut, yang warna tidak bisa sama persis, tapi diupayakan mendekati.

  16. Apabila supply dari material tidak dapat ditemukan di lokasi dekat produsen, maka konsumen paham bahwa produsen dapat menggantikan dengan material lain yang paling mendekati secara desain, misal : keramik backsplash motif yang dipilih tidak ada di outlet yang dekat (area Tangerang), maka produsen dapat membelikan keramik backsplash motif lain yang mendekati dan terlihat cantik secara desain.

  17. Untuk detail elemen seperti dinabol, produsen mengikuti ukuran yang ada di pasaran. Apabila konsumen menginginkan pemotongan khusus, hasilnya tidak bisa sama persis dengan kualitas pemotongan pabrik.

  18. Perbedaan persepsi tentang material, apabila terjadi perubahan tentang material yang sudah ada di lokasi konsumen, maka sudah seperti membeli material dari nol. Contoh : konsumen memberikan foto teramik terakota, produsen membelikan keramik terakota tersebut, setelah tiba, konsumen merasa permukaan keramik tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka apabila hendak berganti, dikenakan biaya dari nol.

  19. Apabila produksi furniture dilakukan oleh Royal Interior, maka tanda jadi Rp 2.000.000,- per furniture dipotongkan dengan nilai RAB, berarti gambar GRATIS. Untuk tanda jadi Rp 2.000.000,- minimum transaksi adalah Rp 15.000.000,- (bisa dalam bentuk kitchen set, wardrobe, ruang tamu, ruang tidur, ruang makan, dan sebagainya).

  20. Untuk loading di rumah, berkaitan dengan kemacetan di Jabodetabek, apabila barang sudah hadir di depan rumah konsumen, diharapkan untuk diterima. Apabila konsumen menolak loading ataupun tidak ada contact person di tempat yang dapat menerima, maka konsumen dikenakan biaya transportasi tambahan untuk membawa kembali ke lokasi produsen dan mengantarkan kembali ke lokasi konsumen.

  21. Konsumen wajib untuk menjaga keamanan barang berharga atau barang-barang lainnya yang terletak di lokasi instalasi. Produsen tidak bertanggung jawab untuk kehilangan atau kerusakan barang berharga konsumen ketika terjadi instalasi. 

  22. Pengurusan loading ke pengelola apartemen berikut biaya deposit adalah tanggung jawab konsumen. produsen dibebaskan dari pemotongan biaya deposit, dan tuntutan dari pihak ketiga. Apabila ijin fit out sudah berakhir dan instalasi belum selesai, maka kewajiban memperpanjang fit out dilakukan oleh pihak konsumen.

  23. Untuk loading di apartemen, maka produsen membutuhkan kartu akses, agar karyawan produsen dapat melakukan koordinasi material maupun akomodasi lainnya, melalui lift barang. Di beberapa apartemen, meskipun barang diangkat lewat tangga darurat, produsen tetap membutuhkan kartu akses untuk tim dari produsen melakukan koordinasi dan akomodasi lainnya. Apabila tidak ada kartu akses, maka produsen tidak dapat melakukan proses instalasi, dan dapat melakukan additional addendum untuk proses instalasi ulang.

  24. Konsumen diharapkan mengamankan barang-barang berharga yang mungkin hilang di lokasi. Produsen tidak bertanggung jawab atas kehilangan barang berharga, mauupun barang lainnya milik konsumen

  25. Produsen tidak menyarankan konsumen tinggal di lokasi selama berlangsungnya pembangunan, dengan alasan keamanan, kenyamanan dan kebersihan. Bahwa ketika instalasi, pasti akan ada debu, berisik dan ketidaknyamanan lain, dan konsumen maklum akan hal ini.

  26. Produsen dibebaskan dari tanggung jawab apapun dan segala tuntutan apabila terjadi kecelakaan di lokasi kerja, pada masa pekerjaan berlangsung. Ketika mendekati deadline, lembur adalah inisiatif dari produsen, agar mengejar deadline. Tentunya lembur akan menyebabkan keberisikan dan gangguan, dan konsumen maklum akan hal ini.

  27. Produk produsen adalah custom order, baru dibuat sampai ke tahapan pembentukan ketika pembayaran tahap 1 sejumlah 50% dari nilai proyek sudah dibayarkan, dan gambar sudah disepakati oleh konsumen. Tahapan pembentukan yang dimaksudkan disini adalah proses pembentukan multiplex dalam bentuk furniture tanpa finishing. Pekerjaan pelapis lantai, pelapis dinding di lokasi customer adalah tahapan finishing, baru dapat dilakukan setelah pembayaran tahap 2 (pelunasan). Produk tidak dapat dirubah lagi, ketika gambar sudah disepakati dan sudah dalam proses produksi. Produk yang sudah dipesan dan dibayarkan tahap pertamanya, tidak dapat dibatalkan secara sepihak, karena produsen telah membeli material dan memulai proses produksi. Produk baru dapat dimulai finishing, delivery dan instalasi, setelah pelunasan pembayaran diterima. Royal tidak dapat melakukan proses finishing, delivery dan instalasi ketika pembayaran belum lunas, dengan alasan apapun.

  28. Dalam periode 10 hari, setelah diinformasikan bahwa kitchen set / interior telah selesai tahapan pembentukan, dan konsumen tidak ada itikad melunasi, dengan alasan apapun, maka kitchen set / furniture / interior lain, menjadi milik Royal Interior, dan DP maupun pembayaran tahap 1 dinyatakan hangus. Proses instalasi dilakukan di hari dan jam kerja, untuk jam kerja operasional lapangan Senin - Sabtu, jam 9 pagi - 5 sore. Produsen tidak melakukan instalasi di hari Minggu dan hari libur nasional. Proses instalasi dilakukan setiap hari kerja semenjak pengiriman dilakukan, tidak dapat berhenti di tengah proses untuk dilanjutkan di periode berikutnya. 

  29. Untuk kitchen set multiplex yang digunakan adalah 18 mm, untuk bagian belakang dari kabinet atas dan kabinet bawah yang menempel ke dinding, material yang digunakan adalah 5 mm.

  30. produsen mengerjakan furniture saja (misal dalam kitchen set, produsen hanya mengerjakan kabinet atas, kabinet bawah dan marmer). Apabila konsumen hendak menambahkan rak piring, rak sendok dan aksesoris lainnya, maka biaya diluar biaya kabinet atas maupun kabinet bawah yang dikerjakan. Biaya belum meliputi titik lampu maupun titik colokan. Apabila dikehendaki penambahan titik lampu dan titik colokan, maka dikenakan biaya tambahan di Rencana Anggaran Biaya.

  31. Produsen tidak bertanggung jawab terhadap kondisi existing di lapangan, antara lain : zinc bocor, tembok tidak rata, keramik existing pecah. Tanggung jawab pihak kedua adalah menginstalasi furniture yang dibeli kepada pihak kedua.

  32. Apabila dikehendaki pemolesan ulang marmer, maka konsumen dikenakan biaya tambahan oleh produsen.

  33. Permintaan perapihan kabel, dikenakan biaya tambahan kepada konsumen oleh produsen. Permintaan repair furniture, pelapis lantai, tusiran atau HPL dikenakan biaya yang ditetapkan oleh produsen, konsumen maklum dan setuju akan hal tersebut. 

  34. Rak piring dan rak sendok yang produsen kirimkan, sesuai dengan katalog dan spesifikasi dari supplier. Produsen hanya membantu membeli, delivery dan pemasangan. Produsen tidak bertanggung jawab tentang perbedaan persepsi material, warna maupun hal lainnya.

  35. Rak piring, rak sendok, dan aksesoris lainnya, produsen kirimkan sesuai foto di katalog yang sudah dipesan oleh konsumen. Apabila barang sudah tiba di lokasi konsumen, maka tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

  36. Penampilan material di katalog, bisa menimbulkan asumsi ukuran yang berbeda. Spesifikasi dan ukuran berpedoman pada ukuran detail di katalog. Material yang sudah tiba di lokasi tidak dapat dilakukan refund.

  37. Engsel yang produsen gunakan sesuai dengan spesifikasi di Rencana Anggaran Biaya dan dibeli dalam kondisi baru. Permintaan penggantian engsel dikenakan biaya tambahan.

  38. Pemasangan cooker hood dan kompor standard, dapat dibantu oleh produsen tanpa mengenakan biaya tambahan. Untuk spesifikasi khusus, produsen tidak bisa membantu memasangkan, dan diharapkan dipasang oleh supplier masing-masing.

  39. Material yang dibeli sendiri oleh pihak konsumen, maka produsen tidak bertanggung jawab atas barang-barang tersebut, misal proses pelubangan zinc yang tidak berlubang, dan hal-hal lainnya seperti ukuran elektronik yang tidak sesuai dan belum diinformasikan di awal.. Material yang dibeli sendiri oleh konsumen beresiko tidak sesuai dengan gambar teknis dari pihak produsen, sehingga dilakukan adaptasi di lapangan dan konsumen menyadari hal tersebut. Apabila ada pekerjaan yang harus dihilangkan karena ukuran elektronik dari konsumen yang tidak sesuai, padahal item tersebut sudah dikerjakan, pembayaran yang sudah dilakukan tidak dapat dikembalikan. 

  40. Apabila tidak menerima arahan khusus dari pihak konsumen, maka produsen berhak melakukan instalasi berdasarkan standard produsen untuk cooker hood dan kompor. Apabila sudah diinstalasi, dan konsumen menginginkan perubahan lokasi, maka dikenakan additional biaya, berlaku untuk furniture apapun.

  41. Khusus untuk pekerjaan counter top kitchen set, counter top yang sudah dilubangi untuk posisi kompor atau elektronik lainnya, tidak dapat diganti posisi lubang, dan berarti biaya seperti pembelian marmer baru. Konsumen maklum dan setuju akan hal ini.

  42. Konsumen hanya bertanggung jawab untuk melakukan instalasi barang-barang yang ada di Rencana Anggaran RAB. Konsumen tidak berhak meminta kepada produsen untuk memasang barang-barang lain yang tidak tertera di dalam Rencana Anggaran Biaya.

  43. Kitchen set memiliki bagian yang menempel ke plafon, memang tidak dipasangkan HPL.

  44. Proses pengataran furniture bertahap, sebagai contoh : mobil datang pertama hanya mengantarkan marmer, mobil datang kedua mengantarkan kabinet dan seterusnya sampai selesai. Hal ini disebabkan oleh tidak semua ukuran furniture muat diangkut bersama dalam satu mobil.

  45. Pemasangan furniture membutuhkan waktu (hitungan hari untuk proyek kecil), hitungan minggu untuk proyek menengah – besar, dalam proses pemasangan, lapangan belum dapat diberikan komentar oleh customer karena dalam proses pekerjaan. Custom interior dikerjakan 80% di workshop, sisanya 20% dirapikan di lapangan, contoh proses finishing memerlukan proses tusiran, membuat sambungan plafon dan juga memerlukan proses setting. Komentar customer dapat dilakukan setelah proyeknya selesai terinstalasi. 

  46. Untuk pembongkaran kitchen set lama, loading out kitchen set lama, atau furniture apapun, biaya diluar produksi furniture (yang dibeli di royalinterior.co.id). Apabila tidak tertera di dalam Rencana Anggaran Biaya, maka produsen berhak untuk menolak pembongkaran, dan instalasi ditunda sampai material di lokasi dibongkar.

  47. Produk yang sudah diinstalasi di lokasi konsumen, tidak dapat sewaktu-waktu diminta dikembalikan dengan alasan apapun, antara lain : ada perbedaan sedikit antara gambar dengan produksi, material finishing yang dipilih ternyata warnanya tidak cocok, penggantian material handle dengan yang setara karena handle yang sesuai gambar tidak ada di lapangan atau sudah tidak diproduksi lagi. Apabila ada perbaikan yang diinginkan, dapat dilakukan maksimal H+1 setelah instalasi. Setelah itu furniture di lapangan menjadi tanggung jawab konsumen, produsen sudah tidak menerima perbaikan tambahan di luar periode H+1. Oleh karena itu diharapkan konsumen mengecheck furniture di lapangan dengan baik di periode serah terima. 

  48. Produsen tidak menerima penitipan gudang, atau pengembalian barang. Apabila konsumen ternyata tidak bisa dihubungi, sehingga produsen tidak bisa melakukan instalasi, maka H+14 semenjak informasi furniture jadi diberikan melalui email, apabila terjadi kerusakan pada interior / furniture bukan merupakan tanggung jawab produsen.

  49. Pekerjaan interior di Royal Interior tidak menerima retensi, produk yang keluar dari workshop furniture produsen sudah melalui kontrol kualitas. Kontrol kualitas memastikan produk sampai terinstalasi di lokasi konsumen dan dapat digunakan. Untuk perbedaan warna dibanding foto, perbedaan profil sedikit antara gambar dengan produksi, perbedaan handle karena masalah ketersediaan di lapangan, adalah faktor teknis yang konsumen menyadari hal tersebut dapat terjadi.

  50. Produsen tidak menerima jasa pemasangan furniture yang dibeli di supplier lain, dengan alasan apapun, kecuali aksesoris yang berhubungan dengan interior yang Produsen kerjakan, akan tetapi dikenakan biaya pemasangan.

  51. Produsen akan melakukan konfirmasi pengiriman furniture. Apabila sudah dilakukan konfirmasi, dan ternyata tidak ada pihak yang dapat membuka pintu dan menerima, maka pengiriman berikutnya dikenakan ongkos kirim.

  52. Konsumen menyadari bahwa dalam instalasi furniture pasti akan ada proses suara berisik dan debu. Produsen akan melaksanakan pembersihan secara normal, pembersihan secara detail dapat dilakukan oleh pihak khusus pembersihan dengan biaya konsumen. Konsumen menyadari bahwa dalam proses pengangkatan furniture dan instalasi furniture, ada resiko untuk menyebabkan furniture atau tembok menjadi kotor atau tergores, produsen akan membantu pembersihan berupa proses pengelapan standard, apabila diperlukan pengecatan ulang, maka akan ada biaya tambahan material dan jasa pengecatan. Konsumen menyadari, telah membaca dan setuju akan hal ini. 

  53. Gambar 3D hanya sebagai alat untuk membantu penggambaran konsep yang akan dibangun, disclaimer, hasil pekerjaan tidak bisa 100% sesuai, karena dipengaruhi oleh pencahayaan, persepsi selera, persepsi warna, dan persepsi ruang.

  54. Ukuran yang disarankan oleh Royal Kontraktor adalah ukuran standard, apabila ada permintaan khusus dari client, kita akan mengikuti permintaan ukuran khusus dari client meskipun ukuran tersebut tidak standard. Client tidak bisa melakukan revisi ukuran setelah produksi dimulai, atau mengakibatkan revisi biaya.

  55. Apabila material yang sudah dipilih pihak pertama sulit ditemukan atau sudah tidak dirproduksi lagi, konsumen berhak mengganti dengan yang setara, atau disarankan oleh interior desainer Produsen, dan pihak pertama maklum untuk hal ini.

  56. Pembayaran yang sudah dilakukan oleh konsumen kepada produsen akan diprogresskan dengan pekerjaan, dan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

  57. Pekerjaan interior yang dilaksanakan Royal Interior, diserahterimakan kepada konsumen, ketika foto - foto hasil kerja yang diinstalasi dikirimkan melalui email. Apabila tidak ada jawaban email dari pihak konsumen ketika foto - foto dikirimkan, berarti konsumen sudah sepakat dengan hasil kerja. Serah terima di Royal Interior tidak ada retensi. Dari owner diharapkan untuk melakukan pengecheckan ketika produk sudah dipasang di lokasi, sehingga ketika ada permintaan perbaikan, dapat langsung dilakukan sebelum tukang meninggalkan tempat di hari terakhir instalasi.  Setelah tukang meninggalkan rumah pada hari terakhir instalasi, kerusakan yang ada di lapangan, sudah merupakan ranah perbaikan dari konsumen. Perlu disadari bahwa furniture ada periode depresiasinya, dan perlu dijaga dengan baik agar periode depresiasi lebih panjang. Keawetan furniture tergantung kepada cara penggunaan dari konsumen. Untuk penggunaan halus, baik dan bersih maka furniture akan awet jangka panjang, dan sebaliknya.

  58. Pembicaraan dapat dilakukan melalui email cs@royalinterior.co.id, hari Senin – Jumat : 9 pagi – 5 sore. Di hari Sabtu, Minggu, hari libur nasional kantor off operasional. Di periode wfh, akan ada kemungkinan late response email, konsumen maklum akan hal tersebut. 

Pekerjaan interior yang dilaksanakan Royal Interior, diserahterimakan kepada konsumen, ketika foto - foto hasil kerja yang diinstalasi dikirimkan melalui email. Apabila tidak ada jawaban email dari pihak konsumen ketika foto - foto dikirimkan, berarti konsumen sudah sepakat dengan hasil kerja. Serah terima di Royal Interior tidak ada retensi. Dari owner diharapkan untuk melakukan pengecheckan ketika produk sudah dipasang di lokasi, sehingga ketika ada permintaan perbaikan, dapat langsung dilakukan sebelum tukang meninggalkan tempat di hari terakhir instalasi.  Setelah tukang meninggalkan rumah pada hari terakhir instalasi, kerusakan yang ada di lapangan, sudah merupakan ranah perbaikan dari konsumen. Perlu disadari bahwa furniture ada periode depresiasinya, dan perlu dijaga dengan baik agar periode depresiasi lebih panjang. Keawetan furniture tergantung kepada cara penggunaan dari konsumen. Untuk penggunaan halus, baik dan bersih maka furniture akan awet jangka panjang, dan sebaliknya.Pekerjaan interior yang dilaksanakan Royal Interior, diserahterimakan kepada konsumen, ketika foto - foto hasil kerja yang diinstalasi dikirimkan melalui email. Apabila tidak ada jawaban email dari pihak konsumen ketika foto - foto dikirimkan, berarti konsumen sudah sepakat dengan hasil kerja. Serah terima di Royal Interior tidak ada retensi. Dari owner diharapkan untuk melakukan pengecheckan ketika produk sudah dipasang di lokasi, sehingga ketika ada permintaan perbaikan, dapat langsung dilakukan sebelum tukang meninggalkan tempat di hari terakhir instalasi.  Setelah tukang meninggalkan rumah pada hari terakhir instalasi, kerusakan yang ada di lapangan, sudah merupakan ranah perbaikan dari konsumen. Perlu disadari bahwa furniture ada periode depresiasinya, dan perlu dijaga dengan baik agar periode depresiasi lebih panjang. Keawetan furniture tergantung kepada cara penggunaan dari konsumen. Untuk penggunaan halus, baik dan bersih maka furniture akan awet jangka panjang, dan sebaliknya.

Biaya Jaminan/Deposit ke Manajemen Gedung adalah tanggung jawab pemilik

Biaya jaminan ke manajemen gedung perkantoran atau gedung apartemen adalah tanggung jawab pemilik. Dalam proses pengerjaan ada kemungkinan deposit terpotong oleh manajemen gedung. Hal tersebut sudah lazim terjadi, karena dalam proses konstruksi interior pasti akan timbul suara berisik, dsb yang ada kemungkinan melanggaran peraturan dari manajemen gedung.

 

Informasi Promosi

  1. konsumen dapat melihat informasi promosi yang sedang berlangsung, yang dapat berubah sewaktu-waktu.

  2. Dengan memberikan pembayaran tanda jadi, tahap pertama, dan pelunasan, berarti sudah setuju dengan Terms & Conditions yang tertera di website ini.

  3. Produsen berhak mengasumsikan konsumen Website ini sudah membaca terms & conditions dan sudah menyepakatinya.

 

Syarat dan Ketentuan Umum :

  1. Pemesanan dilakukan melalui email / whatssapp / tertulis. Pemesanan dilakukan sah setelah dilakukan tanda jadi Rp 2.000.000,- per furniture. Ukuran detail dapat diberikan dari produsen ke konsumen setelah menerima pelunasan pembayaran. Ukuran detail adalah copyright dari produsen.

  2. Apabila dalam periode lebih dari 14 (empat belas) hari, tidak ada response dari konsumen. Maka proyek dinyatakan tidak dilanjutkan, dan tanda jadi yang dibayarkan oleh konsumen tidak dapat dikembalikan.

  3. Pemesanan tidak dapat dibatalkan secara sepihak. Pemesanan baru akan mulai diproduksi setelah diterima pembayaran 50% dari nilai proyek. Pemesanan baru akan dikirimkan setelah pembayaran diterima lunas. Royal Interior tidak akan mengirimkan produk, sebelum pembayaran diterima lunas. Produksi akan dilakukan setelah gambar disepakati, gambar disepakati melalui email / whatssapp / tertulis. Apabila ada perubahan setelah produksi dimulai, ada biaya tambahan untuk revisi. Pembayaran diterima melalui rekening OCBC NISP PT Royal Berkah Melimpah 1308 0001 2150. 

  4. Produksi Royal Interior masing-masing diproduksi manual oleh tukang kayu produsen, jadi diperlukan waktu 4-9 minggu dari 50% pembayaran dilakukan dan gambar disetujui. Konsumen harus menyadari ada kemungkinan kemunduran dari periode produksi karena produsen memastikan masing-masing barang harus memiliki kualitas yang baik. Apabila kemunduran dari jadwal terjadi, jangan khawatir, produsen akan bekerja sekeras mungkin, untuk menyelesaikan order Anda segera. produsen selalu mengutamakan kualitas, jadi ketika kualitas tidak tercapai, produsen melakukan produksi ulang, hal tersebut dapat berdampak keterlambatan. produsen mengutamakan kepuasan konsumen adalah yang paling penting. Kita akan melakukan semua effort untuk membuat produksi secepat mungkin dengan kualitas terbaik.

  5. produsen baru akan mengirimkan produk setelah menerima pelunasan. Apabila lewat 14 hari dari periode invoice pelunasan produsen tidak dibayarkan oleh konsumen. Maka pembayaran sebelumnya dinyatakan hangus dan furniture sudah bukan menjadi tanggung jawab produsen.

  6. Pekerjaan produsen pada intinya adalah pekerjaan kabinet / furniture. Hal-hal yang tidak termasuk di dalam RAB (jam dinding, bunga, aksesoris lainnya) belum termasuk ke dalam pekerjaan, kecuali dinyatakan lain dalam Rencana Anggaran Biaya.

  7. Proses instalasi kitchen set membutuhkan waktu 3-6 hari, belum termasuk instalasi kelengkapan kitchen set lainnya, misalkan : island maupun meja makan. Untuk instalasi 1 ruangan full membutuhkan waktu 7-10 hari.

  8. Keterlambatan juga dapat disebabkan oleh pembayaran yang terlambat, loading yang sulit dan jam kerja instalasi yang terbatas. Konsumen maklum akan hal ini.

  9. Produsen mengutamakan kualitas, sehingga apabila ada yang tidak memenuhi standard, produsen memperbaiki kembali, hal ini yang dapat mempengaruhi keterlambatan. Produsen berusaha sekuat tenaga untuk menyelesaikan berkualitas dan cepat. Karena bagi kantor kontraktor interior, tidak ada benefitnya untuk memperlambat pekerjaan, hanya akan menambah biaya produksi, produsen lakukan untuk kepuasan konsumen.

  10. Untuk proyek volume luas (lebih dari 1000 meter), Royal Interior harga tanda jadi khusus dengan catatan klien sepakat untuk mengerjakan renovasi interior dengan Royal Interior. Apabila proyek tidak jadi dikerjakan dengan Royal Interior, maka pihak klien wajib membayarkan Rp 120.000 per meter dikurangi dengan nilai tanda jadi khusus yang sudah dibayarkan.

  11. Dengan menandatangani terms & conditions ini, berarti konsumen sepakat untuk mereview hasil kerja setelah selesai dikerjakan, misal : tidak melakukan complaint terhadap marmer yang baru datang, belum melalui proses pemotongan dan pemolesan.

  12. konsumen tidak diperkenankan menggunakan, mencetak, atau menyebarluaskan informasi dalam website ini tanpa seijin manajemen.

  13. Hari dan Jam kerja untuk komunikasi : Senin – Jumat : 9 a.m – 5 p.m. Untuk pekerjaan produsen, tidak menerima kunjungan di workshop, karena akan mengganggu efisiensi pekerjaan tukang. Selain itu, apabila hendak dilakukan meeting, lokasi meeting ada di BSD Junction blok A no 3 BSD City Tangerang Selatan, dan diharapkan dilakukan perjanjian seminggu sebelumnya, agar tidak berbenturan dengan meeting lain. Produsen berhak untuk tidak menerima kunjungan atau rapat mendadak di kantor atau rapat yang berulang-ulang. Komunikasi diharapkan melalui email cs@royalinterior.co.id, hari Senin – Jumat : 9 pagi – 5 sore. Di hari Sabtu, Minggu, hari libur nasional kantor off operasional. Di periode wfh, akan ada kemungkinan late response email, konsumen maklum akan hal tersebut. 

Proses Finishing Kayu

Kayu Jati & Kayu Mahoni

Sebagai bahan natural, tekstur kayu dapat sangat berbeda satu dengan yang lain. Oleh karena itu konsumen harus menyadari dan menerima deviasi baik secara finishing, warna, tekstur atau atribut fisik lain yang merupakan sifat alami dari kayu solid. Hal tersebut adalah sifat alami kayu dan bukan merupakan defect. Material yang terbuat dari kayu solid, apabila musim hujan membutuhkan waktu lebih lama untuk pengeringan dan proses nya, dan dapat berdampak keterlambatan dari jadwal. Konsumen maklum akan hal tersebut.

 

Multiplex & HPL

HPL memiliki keterbatasan panjang, oleh hal tersebut, dimungkinkan adanya proses penyambungan. Proses penyambungan produsen usahakan untuk tidak terlihat, tapi tetap akan berbeda dengan HPL yang tanpa sambungan. Konsumen harus menyadari bahwa finishing HPL memiliki jarak meskipun hampir tidak terlihat antara sambungan HPL satu dengan yang lain.

 

Kerusakan Furniture setelah ada di lokasi, dan sudah diserahterimakan, adalah tanggung jawab dari masing-masing Konsumen. Royal Interior bertanggung jawab ketika proses produksi, pengiriman dan pemasangan.

 

Pembatalan Order dengan alasan apapun tetap dikenakan penalty 100% dari nilai yang telah dibayarkan.

Ukuran elektronik yang dibeli oleh konsumen, diharapkan diinformasikan kepada produsen ketika proses penggambaran. Setelah proses produksi, produsen berhak untuk tidak menerima ukuran elektronik, atau mengenakan biaya tambahan.

Ukuran detail furniture adalah milik dari produsen dan tidak diberikan kepada konsumen, kecuali sudah dilakukan pembayaran lunas.
Setelah pembayaran pertama, berarti sudah dilakukan pekerjaan produksi. Apabila setelah pembayaran tahap pertama dilakukan perubahan ukuran, berarti konsumen membayar kembali seperti dari nol, karena material yang sudah digunakan dan jasa pekerjaan tidak dapat dipakai kembali. Apabila konsumen berkeberatan, maka terdapat alternatif melanjutkan sesuai dengan ukuran awal. Apabila terjadi pembatalan, maka pembayaran pertama, maupun pembayaran kedua, tidak dapat dikembalikan.

Representasi : Konsumen menyatakan bahwa sudah berusia 18 tahun ke atas, sudah membaca dan menyepakati terms & conditions yang tertera di www.pakarinterior.id. Konsumen telah membaca semua informasi ketika melakukan transaksi. Apabila Konsumen mewakili perusahaan, berarti dari pihak perusahaan sudah menyepakati terms & conditions.

JASA INTERIOR

BERKUALITAS
KEKINIAN
TERJANGKAU

bottom of page